Rabu, 25 Mei 2011

Contoh Bussines Plan (welcome young entrepreneur)


Business Plan
Jasa perawatan dan kesehatan tubuh
(Zahira: Treatment and Healthy Body Care)

 



 

 

 


Sebetulnya salon ini diperuntukkan bagi semua wanita, hanya saja karena saya beragama islam tentu saja aturan dan jasa salon yang kami berikan, bersandarkan pada aturan islam, yaitu qur’an dan hadis yang dapat diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan perawatan wanita pada umumnya, dan salon ini di dedikasikan sepenuhnya untuk para muslimah yang menginginkan perawatan yang sesuai dengan syar’i islam.



I.                    Profil Perusahaan
a.       Nama dan Bentuk Perusahaan
1.       Nama Perusahaan
Nama perusahaan adalah Zahira: Treatment and Healthy Body Care. Pemilihan nama ini diambil dari bahasa arab, yang artinya berkilau. Yang diharapkan dengan konsep salon yang diperuntukkan muslimah, para muslimah dapat terlihat lebih cantik dan sehat dengan perawatan dan kesehatan tubuh yang diperkenankan oleh syar’i islam. Dengan menampilkan kilauan kecanktikan inner dan outer beauty. Sedangkan Treatment and Healthy Body care menunjukan fokus utama/produk utama yang dijual dalam usaha jasa ini.
2.       Alamat Perusahaan/Telp/Fax/e-mail
Komp. Perum Margaasih Jl. Jati Asih Blok D5 No.3, Kota Cimahi. Jawa barat Indonesia
3.       Bentuk Perusahaan
Bentuk kepemilikan atas perusahaan atau bisnis yang dijalankan adalah Perusahaan perseorangan, karena modal yang diinvestasikan terdiri dari modal pribadi (tabungan) dan modal pinjaman dari Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UPI sebagai modal utama penggerak usaha ini
b.       Gambar dan Logo Perusahaan
w








Makna lambang:

Nama perusahaan adalah Zahira: Treatment and Healthy Body Care. Pemilihan nama ini diambil dari bahasa arab, yang artinya berkilau. Yang diharapkan dengan konsep salon yang diperuntukkan muslimah, para muslimah dapat terlihat lebih cantik dan sehat dengan perawatan dan kesehatan tubuh yang diperkenankan oleh syar’i islam. Dengan menampilkan kilauan kecaktikan inner dan outer beauty. Sedangkan Treatment and Healthy Body care menunjukan fokus utama/ produk utama yang dijual dalam usaha jasa ini.
Dengan menampilkan animasi wanita berkerudung, diharapkan dapat menceriminkan identitas salon ini diperuntukkan bagi kaum muslimah yang ingin tampil cantik, dan modern.
Gambar bunga dan daun menggambarkan kesan natural dan segar, dan menunjukkan bahan-bahan yang digunakan berasal dari tumbuhan yang aman digunakan bagi penggunanya.

c.        Visi Perusahaan
·         Menjadi tempat perawatan dan kesehatan tubuh terkemuka
·         Menjadikan bisnis sebagai syiar islam yang besrsandarkan pada kehidupan sosial.
·         Menciptakan masyarakat yang islami
d.       Misi Perusahaan
·         Membangun image positif baik tentang perusahaan maupun syiar islam.
·         Komitmen terhadap kualitas jasa produk dan pelayanan terhadap konsumen.
·         Membuka lapangan pekerjaan.
e.        Tujuan Perusahaan
Dalam menjalankan bisnisnya, suatu perusahaan harus mempunyai tujuan agar apa yang dilakukan senantiasa selaras dengan apa yang telah ditetapkan oleh sebuah organisasi perusahaan. Adapun tujuan perusahaan Zahira: Treatment and Healthy Body Care dibagi menjadi tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang.
                Tujuan jangka pendek Zahira: Treatment and Healthy Body Care adalah:
1. Memasyarakatkan usaha salon yang menekankan pada perawatan dan kesehatan tubuh.
2. Memperoleh kepercayaan dan image positif tentang jasa salon yang berfokus utama   pada jasa perawatan dan kesehatan tubuh.
                Tujuan jangka panjang Zahira: Treatment and Healthy Body Care adalah:
1. Menjadi perusahaan yang berkembang dalam bidang jasa perawatan dan kesehatan tubuh.
2. Mengarahkan dan menyadarkan para muslimah agar dapat melakukan dandanan dan perawatan diri yang sesuai dengan syar’i
3. Berusaha syiar Islam dan memberikan pengetahuan kepada para muslimah untuk menjadi pribadi dan ibu yang baik, melalui perpustakaan mini yang disediakan dalam salon (buku sastra; novel, kumpulan sajak (Indonesia, Sunda dan Inggris), buku-buku, majalah, tabloid, memasak, kecantikan, agama (Islam), interior rumah, kesehatan, cara mendidik anak, bacaan anak, buku pelajaran bagi anak, pengembangan kepribadian,  dan buku umum lainnya)
f.        Bidang Usaha Perusahaan
Zahira: Treatment and Healthy Body Care merupakan salah satu usaha jasa. Bidang usaha ini dalam menjalankan bisnisnya selalu memberikan pelayanan kepada konsumen yang membutuhkan. Begitu pula dengan Zahira: Treatment and Healthy Body Care, memberikan perawatan dan pelayanan kesehatan tubuh melalui perawatan yang dinamakan traditional treatment. Dengan rangkaian perawatan pembersihan tubuh (meluruhkan kotoran /daki pada tubuh), relaksasi, pijat (pijat kesehatan atau kecantikan) dengan minyak pijat yang dapat disesuaikan dengan keinginan pelanggan, luluran all varian dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan pelanggan, rangkaian terakhir adalah mandi sauna, dengan bahan rempah dan herbal yang dapat menyegarkan tubuh, disertai dengan aromatherapy yang disesuaikan dengan permintaan dan kondisi pelanggan yang dapat menciptakan suasana tenang dan menyegarkan secara utuh, sedangkan perawatan di rumah para pelanggan dapat membeli bath foam, garam, atau susu yang dapat dipergunakan untuk berendam. Adapun tratment lainnya seperti creambath, hair spa, hair treatment (hair tonic, vitamin, dll), foot and hand spa, pedicure and manicure. Agar tidak membingungkan pelanggan dalam menentukan perawatan yang diinginkan, para pelanggan akan mengisi form isian, yang berisi pertanyaan tentang bagian tubuh mana yang ingin lebih banyak dipijat, bagaimana jenis kulit pelanggan, kemudian esential/aroma therapy apa yang dinginkan,  dan harapan setelah mengikuti treatment di Zahira: Treatment and Healthy Body Care, hal ini bertujuan agar pelanggan dapat benar-benar relaksasi tidak terganggu oleh terapis saat beristirahat. Dan dapat memberikan pelayanan yang tepat bagi para pelanggan. Dan melaui buku yang kami sediakan mengenai penawaran perawatan, gambaran, khasiat yang diperoleh dari perawatan tsb.
Sedangkan penawaran lain dari jasa usaha kami adalah: potong rambut, blow dry, blow variasi, rebonding, pengeritingan, laminating, color hair, pemakaian henna. Sedangkan fasilitas lebih dari Zahira: Treatment and Healthy Body Care, adalah tersedianya macam-macam minuman (fresh juice minuman kesehatan, jamu, dan minuman herbal dan rempah lainnya), dan tersedianya perpustkaan mini yang diharapkan dapat menambah pengetahuan para muslimah (buku sastra; novel, kumpulan sajak (Indonesia, Sunda dan Inggris), buku-buku, majalah, tabloid, memasak, kecantikan, agama (Islam), interior rumah, kesehatan, cara mendidik anak, bacaan anak, buku pelajaran bagi anak, pengembangan kepribadian,  dan buku umum lainnya).

g.       Susunan Pengurus
Susunan pengurus Zahira: Treatment and Healthy Body Care disusun dalam struktur organisasi, karena bentuk kepemilikan perusahaan termasuk perseorangan sehingga ketua atau manajer setiap divisi yang membawahi pekerja,

Susunan pengurus terdiri dari:
Owner/Direksi





Manajer Keuangan





Pekerja/karyawan

h.       Modal yang diinvestasikan
Modal yang dinvestasikan oleh Zahira: Treatment and Healthy Body Care, adalah modal pribadi/ sendiri (tabungan) dan modal dari Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UPI.

II.                  Latar Belakang Pendirian Usaha
Dengan semakin terbukanya wawasan mengenai bagaimana baiknya seorang wanita dalam melakukan perawatan diri, ditambah dengan pandangan para muslimah yang masih ragu-ragu dalam mempersepsikan tempat yang dapat melakukan perawatan tubuh yang sesuai syari islam, Zahira: Treatment and Healthy Body Care hadir dan selalu mencoba untuk menjawab dan menjadi tempat terbaik bagi perawatan yang tepat sesuai dengan harapan para muslimah.
Didorong dengan pengalaman pribadi yang merasa sulit mendapatkan tempat yang serupa dengan yang saya telah uraikan diatas mendorong saya untuk berkelut dalam usaha jasa pelayanan salon bagi muslimah.  Ataupun mendengar pendapat teman yang tidak dapat membedakan antara bermake-up dan melakukan perawatan tubuh, kemudian hanya menggap air wudhu sebagai satu-satunya pilihan yang dianggap paling baik untuk menjaga kecantikan dirinya, dari pendapat itu pun ada motif melalui Zahira: Treatment and Healthy Body Care, untuk memasyarakatkan dua istilah yang berbeda, dan pentingnya melakukan perawatan tubuh sebagai salah satu ibadah dan mensyukuri nikmat dari Allah SWT. Ditunjang dengan latar belakang keluarga yang membidangi usaha sama walaupun dalam orientasi bisnis yang berbeda jika ibu dalam salon Bridal, paman khusus untuk hair stylist, dan diharapkan dapat mencari celah baru dalam usaha perawatan dan kesehatan bagi tubuh yang kemungkinan di masa mendatang dapat dikembangkan dengan mengkombinasi ketiga orientasi jasa salon tersebut dalam brand Zahira: Treatment and Healthy Body Care.

III.               Analisis Lingkungan Bisnis
A.      Analisis 6 Pelaku Utama dalam Bisnis
1.       Company (perusahaan) Zahirah : Treatment and Healthy Body care
·         Perusahaan ini memiliki filosofi yang mendasari praktek bisnis, yaitu: “Doa dan usaha akan selalu hasilkan yang baik walaupun bukan yang terbaik“.
·         Perusahaan ini senantiasa meningkatkan  pendidikan dan pelatihan  dalam upaya peningkatan Sumber Dana Manusia (SDM) secara kontinyu.
·         Kualitas produk jasa yang ditawarkan dengan kualitas terjamin dengan harga terjangkau untuk segmen pasar kelas mengengah ke atas.
2.       Customer (Konsumen/pelanggan)
·         Di daerah orientasi usaha banyak sekali yang terdapat target pasar, yang diharapkan akan menjadi pelanggan. (banyaknya anak remaja, ibu muda, ibu bekerja dan ibu berumah tangga, beberapa komplek perumahan yang memiliki kecenderungan penduduk yang sama).
3.       Competitor (Pesaing)
·         Di daerah orientasi usaha belum terdapat salon yang mengkhususkan berkelut dengan perawatan dan kesehatan tubuh.
·         Brand Names atau Merek yang dipakai perusahaan  Zahira: Treatment and Healthy Body Care, selain dapat mencerminkan konsep yang ditawarkan sebagai salon muslimah, dan dapat menjawab bila target pasar mencari tempat perawatan tubuh.
4.       Channel (Perantara)
·         Perusahaan dalam memasarkan jasanya, menggunakan beberapa channel atau saluran distribusi, yaitu mengedarkan brosur dan leaflet di tempat media informasi.
·         Harga yang ditawarkan untuk setiap produk melalui perantara disesuaikan dengan kebijakan harga perusahaan serta dana yang dikeluarkan untuk promosi, serta kualitas masing-masing perantara yang digunakan dalam promosi.
5.       Center (Pemasok)
Bekerjasama dengan pemasok untuk menyediakan kebutuhan bahan untuk pemenuhan kebutuhan pelanggan, dan bermitra dengan sistem layanan antar dalam upaya menekan biaya transfortasi.
6.       Change (Kekuatan perusahaan di dalam mengadaptasi lingkungan)
Pergeseran pandangan gaya hidup yang menggejala pada wanita muslim, dalam pandangan antara ber make-up dan melakukan perawatan diri, dalam rangka melakukan pemeliharaan diri. Kini para muslimah sudah mulai menyadari pentingnya merawat diri sebagai langkah ibadah dan mensyukuri nikmat dari Allah SWT, dengan upaya memelihara ciptaanya tanpa harus merubah bentuk yang telah dikaruniainya. Maka dari itu perusahaan kami selau mencoba menjawab keinginan pasar. Dipandang dari sudut:
·         Ekonomi, perawatan tubuh bagi para wanita sebetulnya merupakan hal vital, dan sudah fitrah wanita yang selalu ingin tampil cantik dan menawan, ada yang menjadikan perawatan tubuh ini sebagai kebutuhan tersier, adapun yang menjadikannya sebagai kebutuhan primer, dan biasanya bagi wanita bekerja  kebutuhan yang satu ini tak dapat dihindarkan, bahkan mereka sudah membuat anggaran khusus untuk keperluan yang satu ini.
·         Sosial dan Budaya, karena masyarakat mayoritas Muslim, dengan dihasilkannya produk jasa yang ditawarkan mengambil konsep salon muslimah, walaupun pada kenyataan usaha jasa ini diperuntukkan bagi semua wanita, karena kami percaya produk jasa usaha kami dapat diterima dengan mudah oleh konsumen atau masyarakat dan sesuai dengan nilai-nilai atau norma-norma yang berlaku dimasyarakat dan tetap syar’i.
·         Sumber Daya Alam dan Teknologi. Dalam perusahaan kami memberikan perawatan jasa yang ditawarkan kami menggunakan traditional treatment, yang pada umumnya menggunakan herbal dan rempah-rempah, yang limbahnya dapat ramah lingkungan, adapun penggunaan bahan olahan kimia kami mencoba menggunakannya seminimal mungkin. Sedangkan teknologi yang kami menggunakan, adalah teknologi sederhana yang tidak menghasilkan polusi dan hemat energi sehingga ramah lingkungan.

A.      Analisis SWOT/TOWS
Strength (S)/ kekuatan
·         Harga produk jasa bersaing.
·         Kualitas produk jasa terjamin.
·         Memiliki ciri yang khas yang dapat membedakan Brand Names kami, dengan konsep yang jelas yang dapat membedakan kami dengan kompetitor usaha yang menawarkan jasa yang serupa.
Weakness (W)/ kelemahan
·         Memerlukan modal yang cukup besar.
·         Kelayakan tempat usaha yang memerlukan renovasi.
·         Pengetahuan dan skill yang kurang dalam akunting keuangan
·         Perlunya pendidikan formal dan pelatihan skill, yang lebih formal agar dapat dijual kemasyarakat, agar dapat memberikan kepercayaan kepada perusahaan.
Opportunities (O)/ Peluang
·         Bergeser cara pandang masyarakat, yang membedakan antara ber make-up dengan melakukan perawatan dan melakukan upaya penjagaan kesehatan tubuh.
·         Semakin memasyarakatnya “kecantikan outer dan inner beauty”
·         Belum adanya kompetitor didaerah potensi usaha yang menawarkan jasa dengan konsep yang perusahaan kami miliki.
·         Meningkatnya daya beli masyarakat.
·         Semakin banyaknya alternatif sumber dana.
Threats (T)/ Ancaman
·         Kemungkinan akan ada kompetitor yang menawarkan jasa dengan konsep yang serupa.
·         Strategi bisnis yang mudah ditiru.
·         Selera konsumen.
·         Peraturan pemerintah.
·         Matriks SWOT (Daya tarik dan pasar kekuatan internal perusahaan)
                                                                    

                                                                   I
                                                                  F
                                                                 A
                                                                  S





E F A S
Strength (S)
a.Harga produk jasa bersaing.
b.Kualitas produk jasa terjamin.
c.Memiliki ciri yang khas yang dapat membedakan Brand Names kami, dengan konsep yang jelas yang dapat membedakan kami dengan kompetitor usaha yang menawarkan jasa yang serupa.

Weakness (W)/ kelemahan
a.Memerlukan modal yang cukup besar.
b.Kelayakan tempat usaha yang memerlukan renovasi. Atau ketiadaan tempat untuk daerah yang lebih potensi, dengan harga sewa yang murah.
c.Pengetahuan dan skill yang kurang dalam akunting keuangan
d.Perlunya pendidikan formal dan pelatihan skill, yang lebih formal agar dapat dijual kemasyarakat, agar dapat memberikan kepercayaan pada perusahaan.
Opportunities (O)/ Peluang
a.Bergeser cara pandang masyarakat, yang membedakan antara ber make-up dengan melakukan perawatan dan melakukan upaya penjagaan kesehatan tubuh.
b.Semakin memasyarakatnya “kecantikan outer dan inner beauty”
c.Belum adanya kompetitor didaerah potensi usaha yang menawarkan jasa dengan konsep yang perusahaan kami miliki.
d.Meningkatnya daya beli masyarakat.
e.Semakin banyaknya alternatif sumber dana.

Strategi SO
a.Mengenalkan dan mempertahankan Brand Names dengan konsep yang istiqomah.
b. Menjaga kualitas produk jasa untuk mempertahankan loyalitas konsumen.
Strategi WO
a.Mengingkatkan efesiensi biaya.
b.Meningkatkan sarana dan prasarana usaha, untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen.
c.Petatihan untuk pengembangan kinerja karyawan.


Threats (T)/ Ancaman
a.Kemungkinan akan ada kompetitor yang menawarkan jasa dengan konsep yang serupa.
b.Strategi bisnis yang mudah ditiru.
c.Selera konsumen.
d.Peraturan pemerintah.

Strategi ST
a. Selalu mencoba mengadaptasi perawatan dan pemeliharaan tubuh terbaru kemudian memasukankannya kepada konsep salon muslimah yang sesuai dengan syar’i.
b. Meningkatkan kualitas kinerja perusahaan yang lebih baik.
c. Meningkatkan kualitas jasa pelayanan produk.
d. Menetapkan strategi.
Strategi WT
a.Menetapkan strategi bisnis baru yang lebih efektif dan efesien.
b.Selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan dan berusaha untuk memberikan fasilitas yang memuaskan.
c.Mengadakan pembangunan skill karyawan.
d.Selalu menjaga nama baik perusahaan.

B.      Analysa Pasar
a.       Target segment:
Masyarakat Bandung, khususnya warga Komp. Perum Margaasih dan perumahan serta warga sekitar Komplek
Perumahan Margaasih.
b.       Gap Analysis:
·         Masyarakat ingin merasakan melakukan perawatan tubuh yang murah, dengan pelayanan kelas atas, dan tentunya tidak ada keraguan menyalahi syari islam bagi para muslimah.
·         Dengan terbukanya paradigma yang membedakan antara bermake-up dengan melakukan perawatan dalam upaya menjaga kesehatan, serta menyeimbangkan antara “inner and outer beauty”.
c.        Pangsa Pasar:
·         Masyarakat Bandung, khususnya warga Komp. Perum Margaasih dan perumahan serta warga sekitar.
·         Perkiraan pasar, dalam 1 hari ada 5 pelanggan, melakukan minimal harga produk jasa 20 ribu, 5x20 ribu per hari, jadi perkiraan pendapatan per hari Rp 100.000. Total pangsa= Rp 100.000x30=Rp  3.000.000/bulan.
d.       Kompetitor:
·         Adanya kemungkinan hilangnya pelanggan dalam jasa hair stylist karena kompetitor yang sudah lebih senior. Di daerah orientasi usaha ada lima salon yang sudah berdiri, Lissa salon, Hanny salon, dan tiga lainnya.
e.        Unique Selling Point:
·         Fasilitas dan penawaran jasa yang baru untuk daerah orientasi usaha.
·         Memberikan pelayanan perawatan dan pemeliharaan kesehatan yang sesuai dengan syar’i islam.
·         Penyediaan minuman kesehatan, tersediannya perpustakaan mini, dan etalase untuk para ibu yang ingin menitipkan usaha kecil mereka.
f.        Channel distribusi:
·         Memakai jaringan facebook.
g.       Keunggulan kompetitive:
·         Tersedianya alternatif perawatan tubuh yang alternatif.
·         Jaminan pelayanan jasa yang sesuai dengan syar’i islam.
Internal Analysis
Eksternal analysis
Total Skor Faktor Strategi Internal

IV.                Strategi Perusahaan/Bisnis
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, Zahira: Treatment and healthy Body Care dalam masa pembangunan untuk membuat pertumbuhan usaha yang semakin membaik dari waktu ke waktu. Untuk itu, Zahira: Treatment and healthy Body Care, harus membuat dan mengembangkan Strategi dan jadwal rencana. Secara jangka pendek dan jangka panjang:
        Rencana strategis jangka pendek Zahira: Treatment and healthy Body Care, yaitu:
·         Memberikan pelayanan kualitas jasa yang terbaik, dari produk yang diberikan.
·         Menerapkan kebijakan harga yang bersaing dengan harga pesaing.
·         Menerapkan sistem pengendalian dan pengawasan yang ketat
·         Meningkatkan program pengembangan SDM.
·         Membina hububgan yang baik dengan pemasok, relasi serta konsumen.
·         Mengadakan program-program promosi yang meningkatkan penjualan.
Rencana jangka panjang Zahira: Treatment and healthy Body Care, yaitu:
·         Memperluas jaringan pemasaran.
·         Senantiasa memantau teknologi, jenis produk jasa terbaru, dan memperhatikan selera konsumen yang dicoba disaring agar selaras dengan syar’i.
·         Melakukan kerjasama dengan pemasok dan konsumen, dalam rangka menjaga silaturahmi.
V.                  Strategi Fungsional Perusahaan
1.       Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)
·         Menetapkan penyesuaian indeks gaji pola karir melalui penyesuaian indeks gaji dan mengadakan penyesuaian tunjangan-tunjangan.
·         Mengadakan penyesuaian imbalan jasa.

2.       Manajemen Operasi/Jasa
·         Mengoptimalkan pelayanan produk jasa dengan tetap memperhatikan daya dukung lingkungan hidup
·         Memantau proses jasa yang berlangsung, sesuai dengan kebutuhan pasar
·         Menurunkan biaya produksi, dengan cara:
a)       Meningkatkan pemeliharaan terhadap alat-alat dan fasilitas didalam perusahaan.
b)       Menghemat listrik dan air agar dapat menurunkan pemakaian listrik dan air.
c)       Membuat takaran untuk setiap perawatan jasa.
d)       Keterangan Lay Out perusahaan  (dilampirkan)

3.       Manajemen Keuangan dan Akuntansi
·         Optimalisasi dana investasi.
·         Minimalisasi dana pengeluaran.
Berikut adalah cash flow, manajemen keuangan, analisis biaya yang terjadi dalam Zahira: Treatment and healthy Body Care, berikut dalam perkiraan pengelolaan dalam satu tahun.
Rencana Arus Kas (CASH-FLOW)
Rencana Arus Kas (dalam ribuan rupiah)
Zahira: Treatment and healthy Body Care
Tahun 2010


Sep-09
Okt-09
Nop-09
Des-09
Jan-10
Peb-10
Mar-10
Apr-10
Mei-10
Jun-10
Jul-10
Agust-10
A.PENERIMAAN












Penerimaan Penjualan
300.000
300.000
300.000
300.000
300.000
300.000
300.000
300.000
300.000
300.000
300.000
300.000
Penerimaan Pinjaman
900.000
900.000
900.000
900.000
900.000
900.000
900.000
900.000
900.000
900.000
900.000
900.000
Sub Total Penerimaan
1200.000
1200.000
1200.000
1200.000
1200.000
1200.000
1200.000
1200.000
1200.000
1200.000
1200.000
1200.000
B.PENGELUARAN












Pembelian Aset (Investasi)
890.000
890.000
890.000
890.000
890.000
890.000
890.000
890.000
890.000
890.000
890.000
890.000
Pembelian pembelian bahan (obat Salon)
834.000
834.000
834.000
834.000
834.000
834.000
834.000
834.000
834.000
834.000
834.000
834.000
Biaya Penjualan
10.000
10.000
10.000
10.000
10.000
10.000
10.000
10.000
10.000
10.000
10.000
10.000
Biaya Gaji dan Upah
170.000
170.000
170.000
170.000
170.000
170.000
170.000
170.000
170.000
170.000
170.000
170.000
Biaya administrasi dan Umum
3.000
3.000
3.000
3.000
3.000
3.000
3.000
3.000
3.000
3.000
3.000
3.000



Penjualan

No.                          Jenis Keperluan                 Harga/ Unit         Jumlah Unit         Nilai (Rp)
               
               
Sewa Bangunan/ tahun             Rp 3.500.000                                           Rp  3.500.000
Pembelian:
Lemari untuk obat                   Rp    500.000                                           Rp    500.000
Meja, cermin, dan kursi           Rp    200.000                           2              Rp    400.000
Baskom                                   Rp      25.000                           2              Rp      50.000
Dudukan Ratusan                    Rp    150.000                           2              Rp    300.000
Tempat sauna                          Rp  1.000.000                                          Rp  1.000.000
Steamer                                    Rp    750.000                                           Rp    750.000
Hair dryer                                                Rp    250.000                                           Rp    250.000
Catokan                                   Rp    300.000                                           Rp    300.000
Kritingan                                  Rp    200.000                                           Rp    200.000
Lemari atau etalase                  Rp    300.000                                           Rp    350.000                          
Bando                                      Rp     10.000                            5              Rp      50.000
1 Set alat manicure &                               Rp       45.000                                          Rp      45.000
Pedicuran
Macam-macam sisir                 Rp     100.000                                          Rp     100.000
1 set Jepit Rambut &                                Rp       45.000                                          Rp       45.000
Gunting rambut       
Handuk kecil                           Rp      12.500x 20                                    Rp     250.000

                                                                                                                                                                Rp 8.090.000
               

Obat creambath/kilo                 Rp      15.000                           4             Rp     60.000
Hair tonic                                 Rp      20.000                           2             Rp     40.000
Vitamin rambut                        Rp      38.000                                           Rp      38.000
Hair spa                                   Rp      50.000                                                           Rp      50.000
Cat rambut                                               Rp     100.000                                          Rp    100.000
Rebonding                                               Rp     100.000                                          Rp    100.000
Aroma Essential                      Rp     100.000                                          Rp    100.000
Lulur Pengantin                       Rp       21.500x 3                                     Rp      86.000
Minyak pijat                            Rp       20.000x 2                                     Rp      40.000
Scrub pengluruh kotoran         Rp       10.000x 10                                   Rp    100.000
Plastik wrap                             Rp       15.000x 2                                     Rp      30.000
Gel penguat kuku                     Rp       30.000                                          Rp      30.000
Cat kuku                                  Rp       30.000x 2                                     Rp      60.000

                                                                                                                                Rp  8.914.000
Biaya Gaji dan Upah                                                Rp 1.700.000                           Rp 1.700.000
Biaya Listrik dan Air                                               Rp    300.000                           Rp    300.000
Biaya Administrasi dan Umum                                Rp      30.000                           Rp       30.000
Biaya Penjualan (promosi)                       Rp     100.000                          Rp     100.000

                                                                                                                                Rp 11.044.000




MANAJEMEN KEUANGAN
Zahira
Treatment and healthy Body Care
Neraca
Per satu bulan

Aktiva

Aktiva Lancar
Kas                          Rp  7.500.000
Piutang                     Rp 0
Persediaan                               Rp  1.500.000  
Jumlah Aktiva lancar             Rp 9.000.000

Aktiva Tetap

Sewa Bangunan/ tahun             Rp 3.500.000                                           Rp  3.500.000
Pembelian:
Lemari untuk obat                   Rp    500.000                                           Rp    500.000
Meja, cermin, dan kursi           Rp    200.000                           2              Rp    400.000
Baskom                                   Rp      25.000                           2              Rp      50.000
Dudukan Ratusan                    Rp    150.000                           2              Rp    300.000
Tempat sauna                          Rp  1.000.000                                          Rp  1.000.000
Steamer                                    Rp    750.000                                           Rp    750.000
Hair dryer                                                Rp    250.000                                           Rp    250.000
Catokan                                   Rp    300.000                                           Rp    300.000
Kritingan                                  Rp    200.000                                           Rp    200.000
Lemari atau etalase                  Rp    300.000                                           Rp    350.000                          
Bando                                      Rp     10.000                            5              Rp      50.000
1 Set alat manicure &                               Rp       45.000                                          Rp      45.000
Pedicuran
Macam-macam sisir                 Rp     100.000                                          Rp     100.000
1 set Jepit Rambut &                                Rp       45.000                                          Rp       45.000
Gunting rambut       
Handuk kecil                           Rp      12.500x 20                                    Rp     250.000

Jumlah Aktiva Tetap                                                                                              Rp8.090.000

                                Jumlah Aktiva                                                                                                        Rp 17.090.000


Pasiva
Utang Lancar

Utang PMW                             Rp 7.500.000
Jumlah Utang Lancar            Rp 7.500.000

Modal sendiri                          Rp 1.500.000
Jumlah Pasiva                        Rp 9.000.000








Zahira
Treatment and healthy Body Care
LAPORAN RUGI/ LABA
Per satu bulan
                Penjualan Jasa                                          Rp. 3.000.000
                Harga pokok                                            Rp.      834.000 –
                Laba Bruto                                                                               Rp.  2.166.000
                Biaya-biaya                                                                              Rp.    1.830.000 -
                Pajak                                                                                        Rp. –
                Keuntungan Netto                                                    Rp      .366.000

ANALISIS BIAYA
A.       Biaya Penerimaan
·         Hasil Penjualan Tunai                  Rp  3.000.000
Jumlah biaya penerimaan                                  Rp  3.000.000                                        
B.       Biaya Pengeluaran
·          Biaya pembelian bahan (obat salon)            Rp      834.000
·          Biaya penjualan                           Rp      100.000
·          Biaya Gaji dan Upah                    Rp    1.700.000
·          Biaya Administrasi dan Umum    Rp         30.000 -
Jumlah Biaya Pengeluaran                                                Rp   2.634.000
Laba (Rugi)                                                                                        Rp   366.000



PROSEDUR PENGAJUAN BIAYA PINJAMAN & RENCANA PENGEMBALIAN MODAL KE DIREKTORAT PEMBINAAN KEMAHASISWAAN UPI
·         Pemohon datang ke BAAK untuk memberikan, identitas pemohon: CV, KTP, KTM, Rekap Nilai, dan data/ sertifikat lainnya.
·         Mengikuti seleksi yang diadakan Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UPI.
·         Mengikuti Magang.
·         Terus mengikuti seleksi dan aturan yang diberlakukan oleh Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UPI sampai diberikan nya bantuan dana, untuk modal usaha.
·         Dan bersedia untuk terus didampingi dan diawasi oleh pihak Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UPI, hingga pengembalian dana berangsur.
·         Sebagai berikut Perencanaan Pengnmbalian Dana Berangsur PMW
Dilakukan angsuran secara periodik, bulanan. Dengan besar angsuran Rp 366.000,-x 12= Rp 4.392.000,  kemungkinan dapat lunas selama dua tahun.
Manajemen Pemasaran

  • Perusahaan menetapkan harga dan setiap jenis penawaran produk jasa yang dapat dimasuki segmen pasar kelas sosial masyarakat menengah ke atas.
  • Perusahaan akan mencoba mengejar target untuk membuka cabang didaerah lain, di tahun pertama berdiri/ ekspansi daerah.
  • Perusahaan menetapkan saluran distribusi/ langganan tetap sebagai jalur/ potensi utama.
  • Meningkatkan penjualan produk jasa.

VI.                Penutup
Business Plan merupakan sebuah selling document yang mengungkap daya tarik dan harapan sebuah bisnis kepada penyangdang dana potensial. Sebelum menjalankan sebuah bisnis seorang entrepreneur atau wirausaha harus mempunyai kerangka businees plan yang jelas, karena rancangan tersebut akan berpengaruh bila rancangan ini terjadi, kami pun melakukan analisis SWOT, yang berisi faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, dan kemudian melakukan strategi bisnis, dan merupakan pedoman usaha yang kami jalankan dengan siap mengambil resiko yang telah diperhitungkan dengan penuh tanggung jawab. Dan harapan kami melalui segala visi, misi dan tujuan perusahaan ini dapat terwujud dengan kesempatan mendirikan usaha Zahira: Treatment and healthy Body Care, Walau harapan menggapai angan usaha itu masih jauh, setidaknya kami telah berussaha untuk meraih kesempatan yang ada, dengan menawarkan konsep usaha yang yang kami tawarkan. Dengan motto kami doa dan usaha selalu menghasilkan yang baik, walaupun bukan yang terbaik, terimakasih atas perhatiannya.




 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 














































 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

                               










































2 komentar:

  1. neng izin copas nya, kanggo tugas mahasiswa. hatur nuhun.

    BalasHapus
  2. izin copas yaah, untuk tugas kuliah sangat bagus dan sangat membantu :) terimakasih

    BalasHapus