Business Plan
Jasa perawatan dan kesehatan tubuh
(Zahira: Treatment and Healthy Body Care)
Sebetulnya salon ini diperuntukkan bagi semua wanita, hanya saja karena saya beragama islam tentu saja aturan dan jasa salon yang kami berikan, bersandarkan pada aturan islam, yaitu qur’an dan hadis yang dapat diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan perawatan wanita pada umumnya, dan salon ini di dedikasikan sepenuhnya untuk para muslimah yang menginginkan perawatan yang sesuai dengan syar’i islam.
I. Profil Perusahaan
a. Nama dan Bentuk Perusahaan
1. Nama Perusahaan
Nama perusahaan adalah Zahira: Treatment and Healthy Body Care. Pemilihan nama ini diambil dari bahasa arab, yang artinya berkilau. Yang diharapkan dengan konsep salon yang diperuntukkan muslimah, para muslimah dapat terlihat lebih cantik dan sehat dengan perawatan dan kesehatan tubuh yang diperkenankan oleh syar’i islam. Dengan menampilkan kilauan kecanktikan inner dan outer beauty. Sedangkan Treatment and Healthy Body care menunjukan fokus utama/produk utama yang dijual dalam usaha jasa ini.
2. Alamat Perusahaan/Telp/Fax/e-mail
Komp. Perum Margaasih Jl. Jati Asih Blok D5 No.3, Kota Cimahi. Jawa barat Indonesia
3. Bentuk Perusahaan
Bentuk kepemilikan atas perusahaan atau bisnis yang dijalankan adalah Perusahaan perseorangan, karena modal yang diinvestasikan terdiri dari modal pribadi (tabungan) dan modal pinjaman dari Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UPI sebagai modal utama penggerak usaha ini
b. Gambar dan Logo Perusahaan
Makna lambang:
Nama perusahaan adalah Zahira: Treatment and Healthy Body Care. Pemilihan nama ini diambil dari bahasa arab, yang artinya berkilau. Yang diharapkan dengan konsep salon yang diperuntukkan muslimah, para muslimah dapat terlihat lebih cantik dan sehat dengan perawatan dan kesehatan tubuh yang diperkenankan oleh syar’i islam. Dengan menampilkan kilauan kecaktikan inner dan outer beauty. Sedangkan Treatment and Healthy Body care menunjukan fokus utama/ produk utama yang dijual dalam usaha jasa ini.
Dengan menampilkan animasi wanita berkerudung, diharapkan dapat menceriminkan identitas salon ini diperuntukkan bagi kaum muslimah yang ingin tampil cantik, dan modern.
Gambar bunga dan daun menggambarkan kesan natural dan segar, dan menunjukkan bahan-bahan yang digunakan berasal dari tumbuhan yang aman digunakan bagi penggunanya.
c. Visi Perusahaan
· Menjadi tempat perawatan dan kesehatan tubuh terkemuka
· Menjadikan bisnis sebagai syiar islam yang besrsandarkan pada kehidupan sosial.
· Menciptakan masyarakat yang islami
d. Misi Perusahaan
· Membangun image positif baik tentang perusahaan maupun syiar islam.
· Komitmen terhadap kualitas jasa produk dan pelayanan terhadap konsumen.
· Membuka lapangan pekerjaan.
e. Tujuan Perusahaan
Dalam menjalankan bisnisnya, suatu perusahaan harus mempunyai tujuan agar apa yang dilakukan senantiasa selaras dengan apa yang telah ditetapkan oleh sebuah organisasi perusahaan. Adapun tujuan perusahaan Zahira: Treatment and Healthy Body Care dibagi menjadi tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang.
Tujuan jangka pendek Zahira: Treatment and Healthy Body Care adalah:
1. Memasyarakatkan usaha salon yang menekankan pada perawatan dan kesehatan tubuh.
2. Memperoleh kepercayaan dan image positif tentang jasa salon yang berfokus utama pada jasa perawatan dan kesehatan tubuh.
Tujuan jangka panjang Zahira: Treatment and Healthy Body Care adalah:
1. Menjadi perusahaan yang berkembang dalam bidang jasa perawatan dan kesehatan tubuh.
2. Mengarahkan dan menyadarkan para muslimah agar dapat melakukan dandanan dan perawatan diri yang sesuai dengan syar’i
3. Berusaha syiar Islam dan memberikan pengetahuan kepada para muslimah untuk menjadi pribadi dan ibu yang baik, melalui perpustakaan mini yang disediakan dalam salon (buku sastra; novel, kumpulan sajak (Indonesia, Sunda dan Inggris), buku-buku, majalah, tabloid, memasak, kecantikan, agama (Islam), interior rumah, kesehatan, cara mendidik anak, bacaan anak, buku pelajaran bagi anak, pengembangan kepribadian, dan buku umum lainnya)
f. Bidang Usaha Perusahaan
Sedangkan penawaran lain dari jasa usaha kami adalah: potong rambut, blow dry, blow variasi, rebonding, pengeritingan, laminating, color hair, pemakaian henna. Sedangkan fasilitas lebih dari Zahira: Treatment and Healthy Body Care, adalah tersedianya macam-macam minuman (fresh juice minuman kesehatan, jamu, dan minuman herbal dan rempah lainnya), dan tersedianya perpustkaan mini yang diharapkan dapat menambah pengetahuan para muslimah (buku sastra; novel, kumpulan sajak (Indonesia, Sunda dan Inggris), buku-buku, majalah, tabloid, memasak, kecantikan, agama (Islam), interior rumah, kesehatan, cara mendidik anak, bacaan anak, buku pelajaran bagi anak, pengembangan kepribadian, dan buku umum lainnya).
g. Susunan Pengurus
Susunan pengurus Zahira: Treatment and Healthy Body Care disusun dalam struktur organisasi, karena bentuk kepemilikan perusahaan termasuk perseorangan sehingga ketua atau manajer setiap divisi yang membawahi pekerja,
Susunan pengurus terdiri dari:
Owner/Direksi
Manajer Keuangan
Pekerja/karyawan
h. Modal yang diinvestasikan
Modal yang dinvestasikan oleh Zahira: Treatment and Healthy Body Care, adalah modal pribadi/ sendiri (tabungan) dan modal dari Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UPI.
II. Latar Belakang Pendirian Usaha
Dengan semakin terbukanya wawasan mengenai bagaimana baiknya seorang wanita dalam melakukan perawatan diri, ditambah dengan pandangan para muslimah yang masih ragu-ragu dalam mempersepsikan tempat yang dapat melakukan perawatan tubuh yang sesuai syari islam, Zahira: Treatment and Healthy Body Care hadir dan selalu mencoba untuk menjawab dan menjadi tempat terbaik bagi perawatan yang tepat sesuai dengan harapan para muslimah.
Didorong dengan pengalaman pribadi yang merasa sulit mendapatkan tempat yang serupa dengan yang saya telah uraikan diatas mendorong saya untuk berkelut dalam usaha jasa pelayanan salon bagi muslimah. Ataupun mendengar pendapat teman yang tidak dapat membedakan antara bermake-up dan melakukan perawatan tubuh, kemudian hanya menggap air wudhu sebagai satu-satunya pilihan yang dianggap paling baik untuk menjaga kecantikan dirinya, dari pendapat itu pun ada motif melalui Zahira: Treatment and Healthy Body Care, untuk memasyarakatkan dua istilah yang berbeda, dan pentingnya melakukan perawatan tubuh sebagai salah satu ibadah dan mensyukuri nikmat dari Allah SWT. Ditunjang dengan latar belakang keluarga yang membidangi usaha sama walaupun dalam orientasi bisnis yang berbeda jika ibu dalam salon Bridal, paman khusus untuk hair stylist, dan diharapkan dapat mencari celah baru dalam usaha perawatan dan kesehatan bagi tubuh yang kemungkinan di masa mendatang dapat dikembangkan dengan mengkombinasi ketiga orientasi jasa salon tersebut dalam brand Zahira: Treatment and Healthy Body Care.
III. Analisis Lingkungan Bisnis
A. Analisis 6 Pelaku Utama dalam Bisnis
1. Company (perusahaan) Zahirah : Treatment and Healthy Body care
· Perusahaan ini memiliki filosofi yang mendasari praktek bisnis, yaitu: “Doa dan usaha akan selalu hasilkan yang baik walaupun bukan yang terbaik“.
· Perusahaan ini senantiasa meningkatkan pendidikan dan pelatihan dalam upaya peningkatan Sumber Dana Manusia (SDM) secara kontinyu.
· Kualitas produk jasa yang ditawarkan dengan kualitas terjamin dengan harga terjangkau untuk segmen pasar kelas mengengah ke atas.
2. Customer (Konsumen/pelanggan)
· Di daerah orientasi usaha banyak sekali yang terdapat target pasar, yang diharapkan akan menjadi pelanggan. (banyaknya anak remaja, ibu muda, ibu bekerja dan ibu berumah tangga, beberapa komplek perumahan yang memiliki kecenderungan penduduk yang sama).
3. Competitor (Pesaing)
· Di daerah orientasi usaha belum terdapat salon yang mengkhususkan berkelut dengan perawatan dan kesehatan tubuh.
· Brand Names atau Merek yang dipakai perusahaan Zahira: Treatment and Healthy Body Care, selain dapat mencerminkan konsep yang ditawarkan sebagai salon muslimah, dan dapat menjawab bila target pasar mencari tempat perawatan tubuh.
4. Channel (Perantara)
· Perusahaan dalam memasarkan jasanya, menggunakan beberapa channel atau saluran distribusi, yaitu mengedarkan brosur dan leaflet di tempat media informasi.
· Harga yang ditawarkan untuk setiap produk melalui perantara disesuaikan dengan kebijakan harga perusahaan serta dana yang dikeluarkan untuk promosi, serta kualitas masing-masing perantara yang digunakan dalam promosi.
5. Center (Pemasok)
Bekerjasama dengan pemasok untuk menyediakan kebutuhan bahan untuk pemenuhan kebutuhan pelanggan, dan bermitra dengan sistem layanan antar dalam upaya menekan biaya transfortasi.
6. Change (Kekuatan perusahaan di dalam mengadaptasi lingkungan)
Pergeseran pandangan gaya hidup yang menggejala pada wanita muslim, dalam pandangan antara ber make-up dan melakukan perawatan diri, dalam rangka melakukan pemeliharaan diri. Kini para muslimah sudah mulai menyadari pentingnya merawat diri sebagai langkah ibadah dan mensyukuri nikmat dari Allah SWT, dengan upaya memelihara ciptaanya tanpa harus merubah bentuk yang telah dikaruniainya. Maka dari itu perusahaan kami selau mencoba menjawab keinginan pasar. Dipandang dari sudut:
· Ekonomi, perawatan tubuh bagi para wanita sebetulnya merupakan hal vital, dan sudah fitrah wanita yang selalu ingin tampil cantik dan menawan, ada yang menjadikan perawatan tubuh ini sebagai kebutuhan tersier, adapun yang menjadikannya sebagai kebutuhan primer, dan biasanya bagi wanita bekerja kebutuhan yang satu ini tak dapat dihindarkan, bahkan mereka sudah membuat anggaran khusus untuk keperluan yang satu ini.
· Sosial dan Budaya, karena masyarakat mayoritas Muslim, dengan dihasilkannya produk jasa yang ditawarkan mengambil konsep salon muslimah, walaupun pada kenyataan usaha jasa ini diperuntukkan bagi semua wanita, karena kami percaya produk jasa usaha kami dapat diterima dengan mudah oleh konsumen atau masyarakat dan sesuai dengan nilai-nilai atau norma-norma yang berlaku dimasyarakat dan tetap syar’i.
· Sumber Daya Alam dan Teknologi. Dalam perusahaan kami memberikan perawatan jasa yang ditawarkan kami menggunakan traditional treatment, yang pada umumnya menggunakan herbal dan rempah-rempah, yang limbahnya dapat ramah lingkungan, adapun penggunaan bahan olahan kimia kami mencoba menggunakannya seminimal mungkin. Sedangkan teknologi yang kami menggunakan, adalah teknologi sederhana yang tidak menghasilkan polusi dan hemat energi sehingga ramah lingkungan.
A. Analisis SWOT/TOWS
Strength (S)/ kekuatan
· Harga produk jasa bersaing.
· Kualitas produk jasa terjamin.
· Memiliki ciri yang khas yang dapat membedakan Brand Names kami, dengan konsep yang jelas yang dapat membedakan kami dengan kompetitor usaha yang menawarkan jasa yang serupa.
Weakness (W)/ kelemahan
· Memerlukan modal yang cukup besar.
· Kelayakan tempat usaha yang memerlukan renovasi.
· Pengetahuan dan skill yang kurang dalam akunting keuangan
· Perlunya pendidikan formal dan pelatihan skill, yang lebih formal agar dapat dijual kemasyarakat, agar dapat memberikan kepercayaan kepada perusahaan.
Opportunities (O)/ Peluang
· Bergeser cara pandang masyarakat, yang membedakan antara ber make-up dengan melakukan perawatan dan melakukan upaya penjagaan kesehatan tubuh.
· Semakin memasyarakatnya “kecantikan outer dan inner beauty”
· Belum adanya kompetitor didaerah potensi usaha yang menawarkan jasa dengan konsep yang perusahaan kami miliki.
· Meningkatnya daya beli masyarakat.
· Semakin banyaknya alternatif sumber dana.
Threats (T)/ Ancaman
· Kemungkinan akan ada kompetitor yang menawarkan jasa dengan konsep yang serupa.
· Strategi bisnis yang mudah ditiru.
· Selera konsumen.
· Peraturan pemerintah.
· Matriks SWOT (Daya tarik dan pasar kekuatan internal perusahaan)
I F A S E F A S | Strength (S) a.Harga produk jasa bersaing. b.Kualitas produk jasa terjamin. c.Memiliki ciri yang khas yang dapat membedakan Brand Names kami, dengan konsep yang jelas yang dapat membedakan kami dengan kompetitor usaha yang menawarkan jasa yang serupa. | Weakness (W)/ kelemahan a.Memerlukan modal yang cukup besar. b.Kelayakan tempat usaha yang memerlukan renovasi. Atau ketiadaan tempat untuk daerah yang lebih potensi, dengan harga sewa yang murah. c.Pengetahuan dan skill yang kurang dalam akunting keuangan d.Perlunya pendidikan formal dan pelatihan skill, yang lebih formal agar dapat dijual kemasyarakat, agar dapat memberikan kepercayaan pada perusahaan. |
Opportunities (O)/ Peluang a.Bergeser cara pandang masyarakat, yang membedakan antara ber make-up dengan melakukan perawatan dan melakukan upaya penjagaan kesehatan tubuh. b.Semakin memasyarakatnya “kecantikan outer dan inner beauty” c.Belum adanya kompetitor didaerah potensi usaha yang menawarkan jasa dengan konsep yang perusahaan kami miliki. d.Meningkatnya daya beli masyarakat. e.Semakin banyaknya alternatif sumber dana. | Strategi SO a.Mengenalkan dan mempertahankan Brand Names dengan konsep yang istiqomah. b. Menjaga kualitas produk jasa untuk mempertahankan loyalitas konsumen. | Strategi WO a.Mengingkatkan efesiensi biaya. b.Meningkatkan sarana dan prasarana usaha, untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. c.Petatihan untuk pengembangan kinerja karyawan. |
Threats (T)/ Ancaman a.Kemungkinan akan ada kompetitor yang menawarkan jasa dengan konsep yang serupa. b.Strategi bisnis yang mudah ditiru. c.Selera konsumen. d.Peraturan pemerintah. | Strategi ST a. Selalu mencoba mengadaptasi perawatan dan pemeliharaan tubuh terbaru kemudian memasukankannya kepada konsep salon muslimah yang sesuai dengan syar’i. b. Meningkatkan kualitas kinerja perusahaan yang lebih baik. c. Meningkatkan kualitas jasa pelayanan produk. d. Menetapkan strategi. | Strategi WT a.Menetapkan strategi bisnis baru yang lebih efektif dan efesien. b.Selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan dan berusaha untuk memberikan fasilitas yang memuaskan. c.Mengadakan pembangunan skill karyawan. d.Selalu menjaga nama baik perusahaan. |
B. Analysa Pasar
a. Target segment:
Masyarakat Bandung, khususnya warga Komp. Perum Margaasih dan perumahan serta warga sekitar Komplek
Perumahan Margaasih.
b. Gap Analysis:
· Masyarakat ingin merasakan melakukan perawatan tubuh yang murah, dengan pelayanan kelas atas, dan tentunya tidak ada keraguan menyalahi syari islam bagi para muslimah.
· Dengan terbukanya paradigma yang membedakan antara bermake-up dengan melakukan perawatan dalam upaya menjaga kesehatan, serta menyeimbangkan antara “inner and outer beauty”.
c. Pangsa Pasar:
· Masyarakat Bandung, khususnya warga Komp. Perum Margaasih dan perumahan serta warga sekitar.
· Perkiraan pasar, dalam 1 hari ada 5 pelanggan, melakukan minimal harga produk jasa 20 ribu, 5x20 ribu per hari, jadi perkiraan pendapatan per hari Rp 100.000. Total pangsa= Rp 100.000x30=Rp 3.000.000/bulan.
d. Kompetitor:
· Adanya kemungkinan hilangnya pelanggan dalam jasa hair stylist karena kompetitor yang sudah lebih senior. Di daerah orientasi usaha ada lima salon yang sudah berdiri, Lissa salon, Hanny salon, dan tiga lainnya.
e. Unique Selling Point:
· Fasilitas dan penawaran jasa yang baru untuk daerah orientasi usaha.
· Memberikan pelayanan perawatan dan pemeliharaan kesehatan yang sesuai dengan syar’i islam.
· Penyediaan minuman kesehatan, tersediannya perpustakaan mini, dan etalase untuk para ibu yang ingin menitipkan usaha kecil mereka.
f. Channel distribusi:
· Memakai jaringan facebook.
g. Keunggulan kompetitive:
· Tersedianya alternatif perawatan tubuh yang alternatif.
· Jaminan pelayanan jasa yang sesuai dengan syar’i islam.
Internal Analysis
Eksternal analysis
Total Skor Faktor Strategi Internal
IV. Strategi Perusahaan/Bisnis
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, Zahira: Treatment and healthy Body Care dalam masa pembangunan untuk membuat pertumbuhan usaha yang semakin membaik dari waktu ke waktu. Untuk itu, Zahira: Treatment and healthy Body Care, harus membuat dan mengembangkan Strategi dan jadwal rencana. Secara jangka pendek dan jangka panjang:
Rencana strategis jangka pendek Zahira: Treatment and healthy Body Care, yaitu:
· Memberikan pelayanan kualitas jasa yang terbaik, dari produk yang diberikan.
· Menerapkan kebijakan harga yang bersaing dengan harga pesaing.
· Menerapkan sistem pengendalian dan pengawasan yang ketat
· Meningkatkan program pengembangan SDM.
· Membina hububgan yang baik dengan pemasok, relasi serta konsumen.
· Mengadakan program-program promosi yang meningkatkan penjualan.
Rencana jangka panjang Zahira: Treatment and healthy Body Care, yaitu:
· Memperluas jaringan pemasaran.
· Senantiasa memantau teknologi, jenis produk jasa terbaru, dan memperhatikan selera konsumen yang dicoba disaring agar selaras dengan syar’i.
· Melakukan kerjasama dengan pemasok dan konsumen, dalam rangka menjaga silaturahmi.
V. Strategi Fungsional Perusahaan
1. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)
· Menetapkan penyesuaian indeks gaji pola karir melalui penyesuaian indeks gaji dan mengadakan penyesuaian tunjangan-tunjangan.
· Mengadakan penyesuaian imbalan jasa.
2. Manajemen Operasi/Jasa
· Mengoptimalkan pelayanan produk jasa dengan tetap memperhatikan daya dukung lingkungan hidup
· Memantau proses jasa yang berlangsung, sesuai dengan kebutuhan pasar
· Menurunkan biaya produksi, dengan cara:
a) Meningkatkan pemeliharaan terhadap alat-alat dan fasilitas didalam perusahaan.
b) Menghemat listrik dan air agar dapat menurunkan pemakaian listrik dan air.
c) Membuat takaran untuk setiap perawatan jasa.
d) Keterangan Lay Out perusahaan (dilampirkan)
3. Manajemen Keuangan dan Akuntansi
· Optimalisasi dana investasi.
· Minimalisasi dana pengeluaran.
Berikut adalah cash flow, manajemen keuangan, analisis biaya yang terjadi dalam Zahira: Treatment and healthy Body Care, berikut dalam perkiraan pengelolaan dalam satu tahun.
Rencana Arus Kas (CASH-FLOW)
Rencana Arus Kas (dalam ribuan rupiah)
Zahira: Treatment and healthy Body Care
Tahun 2010
| Sep-09 | Okt-09 | Nop-09 | Des-09 | Jan-10 | Peb-10 | Mar-10 | Apr-10 | Mei-10 | Jun-10 | Jul-10 | Agust-10 |
A.PENERIMAAN | | | | | | | | | | | | |
Penerimaan Penjualan | 300.000 | 300.000 | 300.000 | 300.000 | 300.000 | 300.000 | 300.000 | 300.000 | 300.000 | 300.000 | 300.000 | 300.000 |
Penerimaan Pinjaman | 900.000 | 900.000 | 900.000 | 900.000 | 900.000 | 900.000 | 900.000 | 900.000 | 900.000 | 900.000 | 900.000 | 900.000 |
Sub Total Penerimaan | 1200.000 | 1200.000 | 1200.000 | 1200.000 | 1200.000 | 1200.000 | 1200.000 | 1200.000 | 1200.000 | 1200.000 | 1200.000 | 1200.000 |
B.PENGELUARAN | | | | | | | | | | | | |
Pembelian Aset (Investasi) | 890.000 | 890.000 | 890.000 | 890.000 | 890.000 | 890.000 | 890.000 | 890.000 | 890.000 | 890.000 | 890.000 | 890.000 |
Pembelian pembelian bahan (obat Salon) | 834.000 | 834.000 | 834.000 | 834.000 | 834.000 | 834.000 | 834.000 | 834.000 | 834.000 | 834.000 | 834.000 | 834.000 |
Biaya Penjualan | 10.000 | 10.000 | 10.000 | 10.000 | 10.000 | 10.000 | 10.000 | 10.000 | 10.000 | 10.000 | 10.000 | 10.000 |
Biaya Gaji dan Upah | 170.000 | 170.000 | 170.000 | 170.000 | 170.000 | 170.000 | 170.000 | 170.000 | 170.000 | 170.000 | 170.000 | 170.000 |
Biaya administrasi dan Umum | 3.000 | 3.000 | 3.000 | 3.000 | 3.000 | 3.000 | 3.000 | 3.000 | 3.000 | 3.000 | 3.000 | 3.000 |
Penjualan
No. Jenis Keperluan Harga/ Unit Jumlah Unit Nilai (Rp)
Sewa Bangunan/ tahun Rp 3.500.000 Rp 3.500.000
Pembelian:
Lemari untuk obat Rp 500.000 Rp 500.000
Meja, cermin, dan kursi Rp 200.000 2 Rp 400.000
Baskom Rp 25.000 2 Rp 50.000
Dudukan Ratusan Rp 150.000 2 Rp 300.000
Tempat sauna Rp 1.000.000 Rp 1.000.000
Steamer Rp 750.000 Rp 750.000
Hair dryer Rp 250.000 Rp 250.000
Catokan Rp 300.000 Rp 300.000
Kritingan Rp 200.000 Rp 200.000
Lemari atau etalase Rp 300.000 Rp 350.000
Bando Rp 10.000 5 Rp 50.000
1 Set alat manicure & Rp 45.000 Rp 45.000
Pedicuran
Macam-macam sisir Rp 100.000 Rp 100.000
1 set Jepit Rambut & Rp 45.000 Rp 45.000
Gunting rambut
Handuk kecil Rp 12.500x 20 Rp 250.000
Rp 8.090.000
Obat creambath/kilo Rp 15.000 4 Rp 60.000
Hair tonic Rp 20.000 2 Rp 40.000
Vitamin rambut Rp 38.000 Rp 38.000
Hair spa Rp 50.000 Rp 50.000
Cat rambut Rp 100.000 Rp 100.000
Rebonding Rp 100.000 Rp 100.000
Aroma Essential Rp 100.000 Rp 100.000
Lulur Pengantin Rp 21.500x 3 Rp 86.000
Minyak pijat Rp 20.000x 2 Rp 40.000
Scrub pengluruh kotoran Rp 10.000x 10 Rp 100.000
Plastik wrap Rp 15.000x 2 Rp 30.000
Gel penguat kuku Rp 30.000 Rp 30.000
Cat kuku Rp 30.000x 2 Rp 60.000
Rp 8.914.000
Biaya Gaji dan Upah Rp 1.700.000 Rp 1.700.000
Biaya Listrik dan Air Rp 300.000 Rp 300.000
Biaya Administrasi dan Umum Rp 30.000 Rp 30.000
Biaya Penjualan (promosi) Rp 100.000 Rp 100.000
Rp 11.044.000
MANAJEMEN KEUANGAN
Zahira
Treatment and healthy Body Care
Neraca
Per satu bulan
Aktiva
Aktiva Lancar
Kas Rp 7.500.000
Piutang Rp 0
Persediaan Rp 1.500.000
Jumlah Aktiva lancar Rp 9.000.000
Aktiva Tetap
Sewa Bangunan/ tahun Rp 3.500.000 Rp 3.500.000
Pembelian:
Lemari untuk obat Rp 500.000 Rp 500.000
Meja, cermin, dan kursi Rp 200.000 2 Rp 400.000
Baskom Rp 25.000 2 Rp 50.000
Dudukan Ratusan Rp 150.000 2 Rp 300.000
Tempat sauna Rp 1.000.000 Rp 1.000.000
Steamer Rp 750.000 Rp 750.000
Hair dryer Rp 250.000 Rp 250.000
Catokan Rp 300.000 Rp 300.000
Kritingan Rp 200.000 Rp 200.000
Lemari atau etalase Rp 300.000 Rp 350.000
Bando Rp 10.000 5 Rp 50.000
1 Set alat manicure & Rp 45.000 Rp 45.000
Pedicuran
Macam-macam sisir Rp 100.000 Rp 100.000
1 set Jepit Rambut & Rp 45.000 Rp 45.000
Gunting rambut
Handuk kecil Rp 12.500x 20 Rp 250.000
Jumlah Aktiva Tetap Rp8.090.000
Jumlah Aktiva Rp 17.090.000
Pasiva
Utang Lancar
Utang PMW Rp 7.500.000
Jumlah Utang Lancar Rp 7.500.000
Modal sendiri Rp 1.500.000
Jumlah Pasiva Rp 9.000.000
Zahira
Treatment and healthy Body Care
LAPORAN RUGI/ LABA
Per satu bulan
Penjualan Jasa Rp. 3.000.000
Harga pokok Rp. 834.000 –
Laba Bruto Rp. 2.166.000
Biaya-biaya Rp. 1.830.000 -
Pajak Rp. –
Keuntungan Netto Rp .366.000
ANALISIS BIAYA
A. Biaya Penerimaan
· Hasil Penjualan Tunai Rp 3.000.000
Jumlah biaya penerimaan Rp 3.000.000
B. Biaya Pengeluaran
· Biaya pembelian bahan (obat salon) Rp 834.000
· Biaya penjualan Rp 100.000
· Biaya Gaji dan Upah Rp 1.700.000
· Biaya Administrasi dan Umum Rp 30.000 -
Jumlah Biaya Pengeluaran Rp 2.634.000
Laba (Rugi) Rp 366.000
PROSEDUR PENGAJUAN BIAYA PINJAMAN & RENCANA PENGEMBALIAN MODAL KE DIREKTORAT PEMBINAAN KEMAHASISWAAN UPI
· Pemohon datang ke BAAK untuk memberikan, identitas pemohon: CV, KTP, KTM, Rekap Nilai, dan data/ sertifikat lainnya.
· Mengikuti seleksi yang diadakan Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UPI.
· Mengikuti Magang.
· Terus mengikuti seleksi dan aturan yang diberlakukan oleh Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UPI sampai diberikan nya bantuan dana, untuk modal usaha.
· Dan bersedia untuk terus didampingi dan diawasi oleh pihak Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UPI, hingga pengembalian dana berangsur.
· Sebagai berikut Perencanaan Pengnmbalian Dana Berangsur PMW
Dilakukan angsuran secara periodik, bulanan. Dengan besar angsuran Rp 366.000,-x 12= Rp 4.392.000, kemungkinan dapat lunas selama dua tahun.
Manajemen Pemasaran
- Perusahaan menetapkan harga dan setiap jenis penawaran produk jasa yang dapat dimasuki segmen pasar kelas sosial masyarakat menengah ke atas.
- Perusahaan akan mencoba mengejar target untuk membuka cabang didaerah lain, di tahun pertama berdiri/ ekspansi daerah.
- Perusahaan menetapkan saluran distribusi/ langganan tetap sebagai jalur/ potensi utama.
- Meningkatkan penjualan produk jasa.
VI. Penutup
Business Plan merupakan sebuah selling document yang mengungkap daya tarik dan harapan sebuah bisnis kepada penyangdang dana potensial. Sebelum menjalankan sebuah bisnis seorang entrepreneur atau wirausaha harus mempunyai kerangka businees plan yang jelas, karena rancangan tersebut akan berpengaruh bila rancangan ini terjadi, kami pun melakukan analisis SWOT, yang berisi faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, dan kemudian melakukan strategi bisnis, dan merupakan pedoman usaha yang kami jalankan dengan siap mengambil resiko yang telah diperhitungkan dengan penuh tanggung jawab. Dan harapan kami melalui segala visi, misi dan tujuan perusahaan ini dapat terwujud dengan kesempatan mendirikan usaha Zahira: Treatment and healthy Body Care, Walau harapan menggapai angan usaha itu masih jauh, setidaknya kami telah berussaha untuk meraih kesempatan yang ada, dengan menawarkan konsep usaha yang yang kami tawarkan. Dengan motto kami doa dan usaha selalu menghasilkan yang baik, walaupun bukan yang terbaik, terimakasih atas perhatiannya.
neng izin copas nya, kanggo tugas mahasiswa. hatur nuhun.
BalasHapusizin copas yaah, untuk tugas kuliah sangat bagus dan sangat membantu :) terimakasih
BalasHapus